<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . "Latar belakang Pendekatan dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan\r\ndalam 2 kelompok yaitu pendekatan inovatif (Student Centered Learning) yang\r\njuga dikenal sebagai pendekatan SPICES (1) Student-centered, (2) Problem\r\nbased, (3) Integrated, (4) Community Based, (5) Elective, (6) Systematic dan\r\npendekatan tradisional (Teacher Centered Learning). Model pembelajaran\r\nSPICES pada Fakultas Kedokteran Universitas Lampung melibatkan mahasiswa\r\nuntuk belajar secara aktif (active learning) dan memicu mahasiswa untuk berpikir\r\nkritis (critical thinking). Dalam penelitian ini untuk melihat hasil dari proses\r\npembelajaran adalah dengan menggunakan IPK. Tujuan penelitian ini untuk\r\nmengetahui hubungan active learning and critical thinking dengan IPK pada\r\nmahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.\r\nMetode penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study.\r\nSampel penelitian ini terdiri dari 141 mahasiswa angkatan 2015 yang ditentukan\r\ndengan total sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuesioner\r\nSelf Assessment Scale on Active Learning And Critical Thinking (SSACT) dan\r\ndata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Analisis data menggunakan uji Chi-Square.\r\nHasil Hasil penelitian menunjukan bahwa active learning dan critical thinking\r\nmahasiswa sebagian besar dalam kategori ambivalen (66,0%) serta untuk indeks\r\nprestasi kumulatif sebagian besar dalam kategori sangat memuaskan (53,2%).\r\nBerdasarkan analisis bivariat dengan uji Chi-Square didapatkan nilai p 0,001\r\n(<0,05) artinya didapatkan hubungan yang bermakna.\r\nSimpulan Terdapat hubungan antara active learning and critical thinking dengan\r\nIndeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas\r\nKedokteran Universitas Lampung.\r\nKata kunci: Active learning, Critical thinking, SSACT, IPK.\r\n\r\nBackground Learning approach can be grouped into 2 groups, first is\r\ninnovative (Student Centered Learning) approach which is also known as\r\nSPICES (1) Student-centered, (2) Problem based, (3) Integrated, (4)\r\nCommunity Based, (5) Elective, (6) Systematic while the other learning\r\napproach is traditional approach. Faculty of Medicine, University of Lampung,\r\nstarted SPICES method on 2008. This approach make students to have an\r\nability to active learning and encourage students to think critically to solve a\r\nproblem. In this study to see the results of the learning process using the Grade\r\nPoint Average (GPA). The purpose of this study was to study the relationship\r\nbetween active learning and critical thinking on student in senior level of class\r\n2015 at The Faculty of Medicine, University of Lampung.\r\nMethods This research using a cross-sectional study approach. The sample\r\nof this study consisted of 141 students of 2015 class students who were\r\ndetermined by total sampling formula. This study uses a measuring\r\ninstrument in the form of a questionnaire of Self Assessment Scale on\r\nActive Learning and Critical Thinking (SSACT) and Grade Point Average\r\n(GPA) data. This data analysis using Chi-Square test.\r\nResults The results showed that students' active learning and critical thinking\r\nwere mostly in the ambivalent category (66.0%) and the cumulative grade index\r\nwas mostly in the very satisfying category (53.2%). Based on bivariate analysis\r\nwith the Chi-Square test p value is 0.001 (<0.05) which means that there is a\r\nsignificant relationship.\r\nConclusion There is a relationship between active learning and critical\r\nthinking with a Grade Point Average (GPA) in senior level of calss 2015 at\r\nThe Faculty of Medicine, University of Lampung.\r\nKeyword: Active learning, Critical thinking, SSACT, IPK."^^ . "2019-01-24" . . . . . "Fakultas Kedokteran "^^ . . . . . . . "1518011058"^^ . "Christy Natalia Sirait"^^ . "1518011058 Christy Natalia Sirait"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "Abstrak (Abstract).pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN\r\nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #58823 \n\nHUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN \nIPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN \nUNIVERSITAS LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan" . .