title: PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 creator: AKMAL SYARIF, 1313052004 subject: 100 Filsafat dan psikologi subject: 370 Pendidikan description: Masalah penelitian ini adalah kedisiplinan siswa di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah konseling kelompok teknik percontohan dapat digunakan untuk meningkatan kedisiplinan siswa kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok teknik percontohan dalam meningkatan kedisiplinan siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest design. Subjek penelitian sebanyak 21 siswa yang memiliki kedisiplinan beragam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik percontohan dapat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Ini ditunjukkan dari peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah sebesar 45,28% dan hasil analisis data dengan menggunakan paired sample t-test, diperoleh thitung > ttabel (22.267 > 2,086) maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah konseling kelompok teknik percontohan dapat digunakan untu meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : disiplin siswa, konseling kelompok, teknik percontohan. The problem of the research was the student’s dicipline in the school. The set of the problem of the research can group counseling exampling technique be used to improve of student’s dicipline class X SMA Negeri 6 Bandar Lampung academic year 2017/2018? The purpose of the research was to know the using of group counseling exampling technique in improving the student’s dicipline in the school. The research was using the quasi experiment method with pretest posttest design. The subjects of the research were as much 21 as students who had diverse the dicipline. The data collecting technique of the research was observation. The data was analyed of using sample paired t test. The result of the research showed that the group counseling exampling technique could be used to improve the student’s dicipline. It showed from the improvement the student’s dicipline in the school amounting to 45,28 % and the result of data analysis with using paired sample ttest, obtained tcount > ttable (22.267 > 2,086). So, Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of the research is the group counseling exampling technique can be used to improve the student’s dicipline in class X SMA Negeri 6 Bandar Lampung academic year 2017/2018. Keywords : the exampling technique, the group counseling, the student’s dicipline publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58836/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58836/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58836/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: AKMAL SYARIF, 1313052004 (2019) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/58836/