@misc{eprints58842, title = {PENINGKATKAN SIKAP POSITIF TERHADAP SELF ACCEPTANCE MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018}, author = {1413052036 Kustina}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/58842/}, abstract = {Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahteraan psikologis khususnya dimensi self acceptance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain untreated control group design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 10 orang dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap peneriman diri. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap terhadap self acceptance siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, hal ini ditunjukan melalui hasil Uji Mean Whitney yang menunjukan nilai (Sig) 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan sikap siswa terhadap self acceptance setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen. Kesimpulannya adalah sikap terhadap self acceptance dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen di SMA N 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing, Penerimaan Diri. } }