%A 1413052041 MAYA ZUNITA %T ANALISIS KESIAPAN KERJA SOFT SKILS MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, DAN BAHASA PRANCIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui soft skills kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisis data Prosentase dan Rasch model. Sampel penelitian sebanyak 77 mahasiswa yang diambil dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Prancis. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kesiapan kerja dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (84%), Bahasa Inggris (94%), dan Bahasa Prancis (93%) yang dapat dikategorikan tinggi. Pada unsur kesiapan kerja terdapat unsur yang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Unsur yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan pengendalian diri (self control) pada program studi Pendidikan Bahasa Indonesia (48.4%) dan Bahasa Inggris (45.1%), serta unsur kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) pada program studi Pendididikan Bahasa Prancis (40%). Dapat disimpulkan bahwa soft skills kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Prancis termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: bimbingan konseling, kesiapan kerja, mahasiswa. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints58853