@misc{eprints5888, month = {Nopember}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD NEGERI 01 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, author = {1013053056 Habibie Syafrudin}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5888/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV B SD Negeri 01 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014, yakni 8 siswa (28,57\%) tuntas dan 20 siswa (71,42\%) belum tuntas dari KKM 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe example non example pada pembelajaran tematik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa siklus I 64,39 (kategori cukup), siklus II 67,63 (kategori aktif), dan siklus III 75,21 (kategori aktif). Ketuntasan hasil belajar siswa terdiri dari tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Nilai rata-rata afektif siswa siklus I 65,5 (kategori cukup), Siklus II 71,53 (kategori baik), dan siklus III 75,5 (kategori baik). Presentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa siklus I 62,49\% (kategori cukup), siklus II 83,92\% (kategori sangat baik), dan siklus III 94,63\% (kategori sangat baik). Nilai rata-rata psikomotor siswa siklus I 66,54 (kategori baik), siklus II 74,51 (kategori baik), dan siklus III 83,92 (kategori sangat baik). Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Example Non Example. } }