%0 Generic %9 Other %A Nia Wahyuningtyas, 1013024049 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5893 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/5893/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada meteri pokok lingkungan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 5% dan data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa, angket tanggapan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 68,18%; kontrol = 55,80%). Pada aspek membuat rumusan masalah (72,73%), bekerjasama (86,36%), mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (71,59%), mempresentasikan hasil diskusi (82,95%) dan mengajukan pertanyaan (27,27%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (67,98%) dan selisih nilai 21.68%. Pada indikator kognitif C2, rata-rata N-gain berkriteria sedang (68,56%); dan indikator kognitif C4 berkriteria sedang (66,69%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL dan ikut berkontribusi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, model PBL