creators_name: BUDI MULYONO, 1413052016 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-13 00:51:03 lastmod: 2022-04-13 00:51:03 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN SIKAP POSITIF TERHADAP PERSONAL GROWTH DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub subjects: 100 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: The purpose of the research is to increase a positive attitude towards psychological well-being, especially the dimensions personal growth. The method used in this study is quasi-experimental design of untreated design with dependent pretest and posttest. The research subjects used an experimental group of 10 people. Data collection techniques use a scale of purpose in life attitude. The results showed that a positive attitude towards students' purpose in life in schools could be improved through role playing technique group guidance services, this was shown by the Mean Whitney test results. The results of statistical analysis showed a value (Sig.) 0,000 <0,05, so Ho was rejected Ha accepted, meaning that there was an increase in positive attitudes of students towards personal growth after being given role playing technique group guidance services to the experimental group in class XI of SMA Yadika Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The conclusion is that the positive attitude of students towards personal growth in class XI can be improved using role playing technique group guidance services in the experimental group at SMA Yadika Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. Keywords: guidance and counseling, personal growth, role playing techniques. Masalah penelitian ini adalah sikap negatif terhadap personal growth siswa. Permasalahannya adalah “apakah layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan sikap positif terhadap personal growth siswa kelas XI SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahteraan psikologis khususnya dimensi personal growth. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap pertumbuhan pribadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap terhadap personal growth siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, hal ini ditunjukan melalui hasil Uji Mean Whitney. Hasil analisis statistik menunjukan nilai (Sig) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan sikap siswa terhadap personal growth setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen. Kesimpulannya adalah sikap terhadap personal growth dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen di SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : bimbingan dan konseling, personal growth, role playing. date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: BUDI MULYONO, 1413052016 (2019) PENINGKATAN SIKAP POSITIF TERHADAP PERSONAL GROWTH DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58932/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58932/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58932/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf