%A 1513052044 Martha Shinta Damai %T PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI DALAM PEMANTAPAN RENCANA KARIR SISWA KELAS IX DI SMP 22 BANDAR LAMPUNG %X The problem of the research was whether information technique of group guidance could be used to increase the stability of the student's career plan. The objective of this study was to find out the improvement in career plan stability by using the information technique of group guidance services for the ninth grade students of SMPN 22 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. The method in this study was pre-experimental. The research subjects were 8 students who had low career plan stability. The results of data analysis used the Wilcoxon Matched Pairs Test which gained = -2.521 < = 1.645. It meant Ho was rejected and Ha was accepted. Briefly, it could be concluded that the information technique of group guidance could be implemented to increase the consistency of the career plan for the grade ninth students of SMPN 22 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. Keywords: career plan stability, guidance and counseling, the information technique Permasalahan penelitian adalah apakah bimbingan kelompok teknik informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemantapan rencana karir siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemantapan rencana karir dengan layanan bimbingan kelompok teknik informasi pada siswa kelas sembilan SMPN 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperiment. Subjek penelitian sebanyak 8 orang siswa yang memiliki kemantapan rencana karir yang rendah.. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh = -2.521 < = 1.645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitan adalah bimbingan kelompok teknik informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemantapan rencana karir pada siswa kelas sembilan SMPN 22 Bandar Lampung Tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: bimbingan dan konseling, kemantapan rencana karir, teknik informasi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints58961