TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints59 UR - http://digilib.unila.ac.id/59/ A1 - Aman, NELIYAN ANGGRAINI Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari pe-mahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian adalah pre-test post-test control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2012/2013 dan sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.2 dan VII.3 yang dipilih dari enam kelas dengan cara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif diterapkan terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Efektivitas, jigsaw, Pemahaman Konsep Matematis PB - Fakultas MIPA TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pekalongan Kab. Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -