@misc{eprints590, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KARANG TARUNA WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, author = {SUYATMI YATMI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/590/}, abstract = {Berdasarkan identifikasi masalah maka masalah dapat dirumuskan yaitu hasil belajar mata pelajaran matematika rendah. Adapun permasalahannya apakah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada peserta didik kelas IV SDN Karang Taruna. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: ?Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan menggunaan pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Karang Taruna. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I rata- rata hasil belajar 45,00 sedangkan rata- rata hasil belajar pada siklus II sebesar 71,20. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan/ metode konstruktivisme pada peserta didik kelas IV SDN Karang Taruna Kecamatan Kasui. Berdasarkan kesimpulan, maka dapat disarankan kepada guru agar menggunakan pendekatan konstrukvisme pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Aktivitas belajar peserta didik, pendekatan konstruktivisme} }