%0 Generic %9 Other %A Mujiasih, 0813041035 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5900 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T IMPLIKATUR PERCAKAPAN WACANA POJOK SURAT KABAR LAMPUNG POST EDISI JUNI 2012 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/5900/ %X Penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur percakapan Pojok Lampung Post edisi Juni 2012 dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wacana pojok Lampung Post. Data penelitian ini dianalisis dengan metode analisis heuristik berdasarkan kelangsungan dan keliteralan tuturan. Wacana pojok Lampung Post mengandung implikatur percakapan dengan tindak tutur langsung tidak literal; tindak tutur tidak langsung literal; dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Tindak tutur tersebut digunakan untuk memperhalus kritikan, kecaman, permintaan, dan larangan terhadap kebijakan politik penguasa yang belum jelas terungkap kepada publik dan redaktur meyakini pembacanya mengetahui fakta tersebut dan tidak merasa kesulitan dalam memahami maksud yang hendak ia sampaikan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA sebagai materi pembelajaran dalam setiap keterampilan berbahasa untuk melatih kepekaan rasa dan empati siswa serta bersikap santun dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan tempat keberadaannya.