%0 Generic %A RIZKI MEI SAFITRI, 1713021007 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:59047 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA SELF-CONFIDENCE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Pada Siswa Kelas XI MIPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Sumberejo Tahun Pelajaran 2021/2022) %U http://digilib.unila.ac.id/59047/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antaraself-confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sumberejo, Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 108 siswa yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang dipilih menggunakan teknikpurposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angketself-confidencesiswa dan tes uraian kemampuan berpikir kritis pada materi program linear, yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasipearson product momentdengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,932 dan nilai Sig. (2-tailed)sebesar 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antaraself-confidencedengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci:Hubungan,Self-Confidence,Kemampuan Berpikir Kritis.