%A 1513023036 DESITA HARYANTI %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDINGINAN MINUMAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretestposttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori tinggi, serta nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen (84,7) lebih besar dari pada nilai rata-rata postes siswa dikelas kontrol (76,6). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa iii pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, pendinginan minuman. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59074