@misc{eprints59078, title = {EFEKTIVITAS PRE-LECTURE QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA}, author = {1513023049 ESTI UTAMI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59078/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz (PLQ) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa Arrhenius. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah enam kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh sampel kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Efektivitas PLQ diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kreatif, kemudian ukuran besar pengaruh pembelajaran PLQ tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa memiliki kriteria ?tinggi?. Pembelajaran PLQ memiliki pengaruh ?besar? terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa Arrhenius. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PLQ efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa Arrhenius. Kata Kunci: Pre-Lecture Quiz, keterampilan berpikir kreatif, asam basa Arrhenius} }