@misc{eprints59088, title = {EFEKTIVITAS PRE-LECTURE QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA}, author = {1513023054 REVA DWI PERTIWI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59088/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz (PLQ) dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi asam basa Arrhenius. Metode pengambilan sampel yaitu dengan dengan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan siswa dalam keterampilan komunikasi dianalisis menggunakan SPSS 19.0 for windows. Efektivitas PLQ dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata PLQ pada setiap pertemuanya serta besarnya nilai n-Gain, didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan PLQ pada kelas eksperimen meningkat, yang juga sesuai dengan perhitungan yang menunjukan bahwa nilai n-Gain kelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol. Hasil perhitungan juga menunjukan bahwa hasil uji effect size Reva Dwi Pertiwi iii kelas eksperimen sebesar 0,90 yang dikategorikan ?tinggi?. Berdasarkan hasil tersebut, metode eksperimen efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan prestasi belajar siswa pada materi asam basa Arrhenius. Kata kunci: pre-lecture quiz, kemampuan berkomunikasi, asam basa Arrhenius} }