TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59089 UR - http://digilib.unila.ac.id/59089/ A1 - NOVA PATRIA NINGSIH, 1513023004 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitaas model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Bandar Lampung se- mester ganjil tahun 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperi- men dengan Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design, pengam- bilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada ke- las eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model POGIL dan kelas kon- trol dengan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor n-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata skor n-Gain keterampilan Nova Patria Ningsih iii berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Hasil dari uji t (perbedaan dua rata-rata) me- nyatakan bahwa terima H1 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata n-Gain kelas kontrol dan rata-rata n-Gain kelas eksperimen. Berdasarkan ha- sil uji perbedaan dua rata-rata serta didukung dengan aktivitas siswa dan keter- laksanaan pembelajaran model POGIL oleh guru maka dapat disimpulkan bahwa model POGIL efektif untuk meningkat- kan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: efektivitas model POGIL, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir kreatif. PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA AV - restricted ER -