@misc{eprints59092, title = {PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI}, author = {1513069041 NITA MELIYANTRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59092/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD NEGERI 2 Harapan Jaya melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas VC SD Negeri 2 Harapan Jaya tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan tes, adapun yang diobservasi yaitu melalu sikap, kinerja guru dan melalui tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan Hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD NEGERI 2 Harapan Jaya. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase pencapaian hasil ketuntasan minimal hasil belajar IPA peserta didik (KKM = 70) yaitu pada tahap prasiklus dengan persentase sebesar 52,94 , pada tahap siklus 1 persentase sebesar 61,76 dan pada tahap siklus 2 persentase sebesar 61,76. 2. Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan Aktivitas belajar peserta didik kelas V di SD NEGERI 2 Harapan Jaya. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan rata-rata pencapaian indikator keaktipan peserta didik dengan kategori cukup aktif dan sangat aktif yaitu pada tahap siklus 1 keaktifan peserta didik sebesar 55,88\%, dan pada siklus 2 meningkat sebesar 85,29\%. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, discovery learning } }