TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59095 UR - http://digilib.unila.ac.id/59095/ A1 - RESKAWATI, 1513023040 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model discovery learning dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data kemampuan observasi dan penguasaan konsep dianalisis menggunakan software SPSS versi 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep selama pembelajaran berlangsung berkriteria ?tinggi?. Kemampuan observasi dan penguasaan konsep di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata nilai n-Gain yang diperoleh berkriteria ?tinggi? yaitu 0,80 dan kelas kontrol berkriteria ?sedang? yaitu 0,61. Reskawati iii Model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep yang dapat dilihat dari nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil uji effect size diperoleh bahwa model discovery learning yang digunakan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: discovery learning, kemampuan observasi, kesetimbangan kimia, dan penguasaan konsep. PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA AV - restricted ER -