@misc{eprints59098, title = {EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT}, author = {1513023042 AMALIA MUSNIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59098/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yang menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t serta uji perbedaan dua rata-rata yang menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan proses iii sains siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata Kunci : KPS, larutan elektrolit dan non elektrolit, model POGIL } }