?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1513041042&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+DESAIN+SKENARIO+PEMBELAJARAN+PADA+TEKS+PROSEDUR+BERBASIS+PENDEKATAN+SAINTIFIK+SISWA+SMP+KELAS+VII&rft.creator=MERY+ELISABETH+%2C+1513041042&rft.subject=400+Bahasa&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini%2C+yakni+pengembangan+desain+skenario+pembelajaran+teks+prosedur+berbasis+pendekatan+saintifik.+Oleh+karena+itu%2C+tujuan+penelitian+ini+untuk+memdesain+skenario+pembelajaran%2C+menguji+kelayakan+dan+menguji+efektivitas+skenario+pembelajaran+bahasa+Indonesia+untuk+mencapai+tujuan+pembelajaran+mengidentifikasi+dan+menyimpulkan+teks+prosedur.+++%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+metode+research+and+development+(R+%26+D)+mengacu+pada+model+Borg+and+Gall+(1983)+diawali+dengan+tahap+studi+pendahuluan%2C+perencanaan%2C+desain+produk%2C+uji+validator%2C+ujicoba+lapangan++dan+produk+akhir.+Revisi+produk+pengembangan+dilakukan+berdasarkan+masukan+dari+setiap+penilaian+untuk+menghasilkan+skenario+pembelajaran+yang+layak+dan+siap+diimplementasikan.++%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+ini+berupa+(1)+desain+skenario+pembelajaran+berbasis+pendekatan+saintifik+dengan+tema+%E2%80%9Dmewariskan+budaya+lokal+melalui+teks+prosedur%E2%80%9D%2C+(2)+skenario+pembelajaran+berbasis+pendekatan+saintifik+layak+digunakan+dan+siap+diimplementasikan+sebagai+langkah-langkah+pembelajaran+sesuai+dengan+hasil+uji+validasi+dari++ahli+pembelajaran+dan+guru+bahasa+Indonesia.+Berdasarkan+hasil+validasi+dari+ahli+desain+pembelajaran+diperoleh+skor+rata-rata+8%2C30+dan+rerata+presentase++90%2C21%25+dengan+kategori+sangat+layak+dan+hasil+validasi+guru+bahasa+Indonesia+terhadap+aspek+desain+pembelajaran+dan+pelaksanaan+pembelajaran+diperoleh+rata-rata+8%2C60+dan+rerata+presentase+79%2C62%25++dengan+kategori+sangat+layak%2C+dan+(3)+skenario+pembelajaran+yang+dibuat+terbukti+efektif+serta+meningkatkan+pemahaman+belajar+siswa+terlihat+pada+total+nilai+N-Gain++22%2C46+dengan+kategori+efektif.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+pendekatan+saintifik%2C+desain+skenario+pembelajaran+teks+prosedur%2C+kelayakan+produk%2C+efektivitas+produk%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-03-29&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59100%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59100%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59100%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++MERY+ELISABETH+%2C+1513041042++(2022)+PENGEMBANGAN+DESAIN+SKENARIO+PEMBELAJARAN+PADA+TEKS+PROSEDUR+BERBASIS+PENDEKATAN+SAINTIFIK+SISWA+SMP+KELAS+VII.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59100%2F