TY - THES ID - eprints59104 UR - http://digilib.unila.ac.id/59104/ A1 - Dimas Alfarisyi, 1823021019 Y1 - 2022/04/11/ N2 - Terdapat 5 standar kemampuan yang diukur dalam matematika, salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematika. Self Confidance memiliki peran penting terhadap kemampuan komunikasi matematika. Self confidance akan membuat siswa memiliki rasa kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Sehingga akan mendorong siswa untuk berani menyampaikan ide/gagasan yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan self confidance siswa. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling dengan memilih dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket self confidance dan tes kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan diperoleh bahwa produk pengembangan model pembelajaran think paire share memiliki kriteria valid dan sangat praktis. Produk pengembangan tersebut selanjutnya digunakan dalam proses pembelajaran pada uji coba lapangan. Hasilnya pembelajaran dengan menggunakan produk pengembangan model think paire share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan self confidance (kepercayaan diri) siswa. Beberapa faktor peningkatan pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh adanya penambahan kegiatan pada proses pembelajaran yaitu reinforcement, writing (menulis) dan refleksi. Kegaiatan reinforcement digunakan untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki siswa. Sedangkan writing dan refleksi digunakan untuk melatih siswa dalam menyampaikan ide atau gagasan yang dimilikinya baik secara tertulis atau lisan. Kata Kunci: Think paire Share, Komunikasi Matematika, Self Confidance PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN SELF CONFIDANCE SISWA AV - restricted ER -