%0 Generic %A SEPUDIN, 1513069072 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59105 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SEPANG JAYA %U http://digilib.unila.ac.id/59105/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sepang Jaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sepang Jaya dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing - masing setiap siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan,3) observasi, dan 4) refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan teknik non tes dan tekik tes, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Sepang Jaya Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/ 2020. Kata Kunci : aktivitas,hasil belajar, numbered head together