?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+INKUIRI+TERBIMBING+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AKETERAMPILAN+PROSES+SAINS+TERPADU+SISWA%0D%0APADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT%0D%0ADAN+NON+ELEKTROLIT&rft.creator=FEBRY+ZAHARA%2C+1513023038&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+keefektivan+model+pembelajaran%0D%0Ainkuiri+terbimbing+untuk+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+terpadu+siswa%0D%0Apada+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit.+Populasi+dalam+penelitian+ini%0D%0Aadalah+seluruh+siswa+kelas+X+MIA+di+SMA+Negeri+1+Natar+semester+ganjil+tahun%0D%0A2018%2F2019%2C+sedangkan+sampel+penelitian+ini+yaitu+kelas+X+MIA+2+sebagai+kelas%0D%0Aeksperimen+dan+kelas+X+MIA+3+sebagai+kelas+kontrol.+Metode+dalam+penelitian%0D%0Aini+yaitu+kuasi+eksperimen+dengan+desain+penelitian+Pretest+Posttest+Control%0D%0AGroup+Design.+Pada+kelas+eksperimen+menggunakan+model+pembelajaran+inkuiri%0D%0Aterbimbing+dan+pada+kelas+kontrol+menggunakan+pembelajaran+konvensional%0D%0Adengan+metode+ceramah+serta+praktikum.+Efektivitas+ini+diukur+berdasarkan%0D%0Aperbedaan+rata-rata+nilai+n-Gain+yang+signifikan+antara+kelas+kontrol+dan+kelas%0D%0Aeksperimen.+Hasil+penelitian+menunjukkan+rata-rata+nilai+n-Gain+keterampilan%0D%0Aproses+sains+terpadu+untuk+kelas+eksperimen+lebih+besar+daripada+kelas+kontrol.%0D%0ABerdasarkan+uji+perbedaan+dua+rata-rata%2C+disimpulkan+bahwa+rata-rata+nilai+n-Gain%0D%0Aketerampilan+proses+sains+terpadu+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit%0D%0Ayang+diterapkan+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+lebih+tinggi+daripada+rata-%0D%0Aiii%0D%0Arata+nilai+n-Gain+keterampilan+proses+sains+terpadu+dengan+pembelajaran%0D%0Akonvensional.+Hasil+tersebut+diperkuat+dengan+nilai+rata-rata+persentase+aktivitas%0D%0Asiswa+pada+kelas+eksperimen+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol%0D%0Ayang+menunjukkan+bahwa+keterampilan+proses+sains+terpadu+siswa+di+kelas%0D%0Aeksperimen+lebih+terlatih%2C+dan+kemampuan+guru+mengelola+pembelajaran+dengan%0D%0Amodel+inkuiri+terbimbing+berkiteria+tinggi.+Ukuran+pengaruh+dihitung+dengan%0D%0Amenggunakan+uji+effect+size.+Hasilnya+yaitu+pembelajaran+menggunakan+inkuiri%0D%0Aterbimbing+memilki+ukuran+pengaruh+yang+besar.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa%0D%0Apembelajaran+menggunakan+model+inkuiri+terbimbing+pada+materi+larutan%0D%0Aelektrolit+dan+non+elektrolit+efektif+untuk+meningkatkan+keterampilan+proses+sains%0D%0Aterpadu+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit.%0D%0AKata+kunci%3A+inkuiri+terbimbing%2C+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit%2C+keterampilan%0D%0Aproses+sains+terpadu.&rft.publisher=FAKULTAS+ILMU+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59107%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59107%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59107%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++FEBRY+ZAHARA%2C+1513023038++(2019)+EFEKTIVITAS+INKUIRI+TERBIMBING+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+TERPADU+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON+ELEKTROLIT.++FAKULTAS+ILMU+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59107%2F