<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model pembelajaran\r\ninkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu siswa\r\npada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini\r\nadalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Natar semester ganjil tahun\r\n2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas\r\neksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian\r\nini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control\r\nGroup Design. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri\r\nterbimbing dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional\r\ndengan metode ceramah serta praktikum. Efektivitas ini diukur berdasarkan\r\nperbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas\r\neksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan\r\nproses sains terpadu untuk kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol.\r\nBerdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, disimpulkan bahwa rata-rata nilai n-Gain\r\nketerampilan proses sains terpadu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit\r\nyang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada rata-\r\niii\r\nrata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu dengan pembelajaran\r\nkonvensional. Hasil tersebut diperkuat dengan nilai rata-rata persentase aktivitas\r\nsiswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol\r\nyang menunjukkan bahwa keterampilan proses sains terpadu siswa di kelas\r\neksperimen lebih terlatih, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan\r\nmodel inkuiri terbimbing berkiteria tinggi. Ukuran pengaruh dihitung dengan\r\nmenggunakan uji effect size. Hasilnya yaitu pembelajaran menggunakan inkuiri\r\nterbimbing memilki ukuran pengaruh yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa\r\npembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi larutan\r\nelektrolit dan non elektrolit efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains\r\nterpadu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.\r\nKata kunci: inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non elektrolit, keterampilan\r\nproses sains terpadu."^^ . "2019" . . . . . "FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "1513023038"^^ . "FEBRY ZAHARA"^^ . "1513023038 FEBRY ZAHARA"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA\r\nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT\r\nDAN NON ELEKTROLIT (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #59107 \n\nEFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA \nPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT \nDAN NON ELEKTROLIT\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "540 Kimia dan ilmu yang berhubungan" . .