creators_name: FEBRY ZAHARA, 1513023038 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-18 07:15:45 lastmod: 2022-04-18 07:15:45 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT ispublished: pub subjects: 370 subjects: 540 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Natar semester ganjil tahun 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah serta praktikum. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu untuk kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, disimpulkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada rata- iii rata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu dengan pembelajaran konvensional. Hasil tersebut diperkuat dengan nilai rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa keterampilan proses sains terpadu siswa di kelas eksperimen lebih terlatih, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berkiteria tinggi. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasilnya yaitu pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing memilki ukuran pengaruh yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non elektrolit, keterampilan proses sains terpadu. date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: FEBRY ZAHARA, 1513023038 (2019) EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/59107/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59107/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59107/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf