<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF"^^ . "Latar belakang : Peer assisted learning (PAL) merupakan salah satu metode\r\npembelajaran yang digunakan di Fakultas kedokteran Universitas Lampung. PAL\r\nmerupakan pembelajaran yang dilakukan oleh sesama mahasiswa dan bukan\r\nmerupakan pelaku profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\ngambaran secara mendalam persepsi mahasiswa terhadap peer-assisted learning\r\ndalam proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.\r\nMetode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif\r\ndengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah\r\nmahasiswa dari angkatan 2016 dan 2015 yang berjumlah 24 orang yang\r\nmerupakan peer tutor, peer tutees, pria dan wanita. Pengambilan data utama\r\nmelalui diskusi kelompok terfokus, sedangkan sebagai triangulasi data peneliti\r\nmenggunakan teknik wawancara mendalam dengan dosen penyelenggara PAL\r\ndan observasi pada kegiatan PAL.\r\nHasil Penelitian : Terdapat berbagai persepsi mahasiswa mengenai definisi,\r\nmanfaat, serta faktor yang mempengaruhi PAL yaitu mencakup faktor yang\r\nmendukung seperti komunikasi yang baik dari peer tutor dan materi yang\r\ndiberikan oleh peer tutor sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Faktor yang\r\nmenghambat proses pelaksanaan PAL antara lain kesiapan pelaksanaan, kesiapan\r\npeer tutor, dan kesiapan peer tutees. Selain itu, juga terdapat persepsi mahasiswa\r\nterkait harapan untuk pelaksanaan PAL yaitu penerapan PAL dalam CSL,\r\npemanfaatan teknologi, dan evaluasi dalam pelaksanaannya.\r\nKesimpulan : Persepsi mahasiswa mengenai PAL di Fakultas Kedokteran\r\nUniversitas Lampung yaitu peer tutor dan peer tutees satu sama lain saling\r\nmempengaruhi dalam pelaksanaannya.\r\nKata kunci : peer assisted learning, peer tutor, peer tutees, persepsi\r\n\r\nBackground : Peer-assisted learning (PAL) is one of the teaching methods used\r\nin the medical faculty of the Lampung University. PAL is learning undertaken by\r\nfellow students, and it does not involve professional lecturer in the process. This\r\nstudy aims to describe in depth the students' perceptions of peer-assisted learning\r\nin the learning process at the Faculty of Medicine, Lampung University\r\nResearch methods : This study used a qualitative research design with a\r\nphenomenological approach. Main informants in this study were students of the\r\nclass of 2016 and 2015, consisting of 24 people who were peer tutors, peer tutees,\r\nboth men and women. The main data were retrieved through focus group\r\ndiscussions, while a triangulation of data researchers used in-depth interviews\r\nwith organizers lecturers of PAL, and PAL activity observations..\r\nResearch result : There were many perceptions of students regarding definition,\r\nbenefits, and factors that affected PAL which included supporting factors, such as\r\ngood communication of peer tutors and materials, provided by peer tutors, which\r\ncorresponded to the purpose of learning. Factors which could interfere the\r\nimplementation of PAL included realization, peer tutor, and peer tutees readiness,\r\nThere was also students perception regarding hope for the realization of PAL, for\r\nexamples, assembling PAL in CSL, usage of technology, and evaluation in the\r\nimplementation.\r\nConclusion: Perception of students on PAL at Faculty of Medicine Lampung\r\nUniversity showed that both peer tutor and peer tutees influence one another in the\r\nimplementation.\r\nKeywords : peer assisted learning, peer tutor, peer tutees, perception"^^ . "2019-01-22" . . . . . "Fakultas Kedokteran "^^ . . . . . . . "1518011138"^^ . "Muhammad Rifath Akbar "^^ . "1518011138 Muhammad Rifath Akbar "^^ . . . . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (File PDF)"^^ . . . "Abstrak (Abstract).pdf"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (File PDF)"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (File PDF)"^^ . . . "Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING\r\nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #59108 \n\nPERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING \nDALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN \nUNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF\n\n" . "text/html" . . . "610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan" . .