%0 Generic %A Rahayu Kartikasari, 1513053095 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59109 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/59109/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Jenis penelitian ini adalah ex- postfacto korelasi dan metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian perhitungan uji hipotesis sebesar 0,210 (dengan kriteria rendah) menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Luar Sekolah, Matematika The problem in this study was that the mathematics learning outcomes of the fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat had not been maximized which took part in tutoring activities outside of the school. This study aims to determine the positive and significant correlation between tutoring activities outside of the school with the mathematics learning outcomes of fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat who take tutoring activities outside of the school. This type of research is ex-postfacto correlation and the sampling method used in this study is a non-probability sampling method with a purposive sampling technique. Techniques for collecting data through observation, questionnaires, and study documentation. The results of the study of the calculation of the hypothesis test of 0.210 (with low criteria) showed there was a positive and significant correlation between tutoring activities outside of the school with the results of mathematics learning in fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat. Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Outside School. Tutoring Activities