TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59112 UR - http://digilib.unila.ac.id/59112/ A1 - INDAH NINGTYAS ANDALAS PUTRI , 1513023026 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 6 yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah dan kelas kontrol yaitu XI MIA 4 yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh n-gain rata-rata sebesar 0,73 (berkategori tinggi). Indah Ningtyas Andalas Putri Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, minyak jelantah, pembelajaran berbasis proyek PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MINYAK JELANTAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA AV - restricted ER -