TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59114 UR - http://digilib.unila.ac.id/59114/ A1 - Aghnesia Rahmy, 1513021017 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kotabumi semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 244 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design dengan teknik penilaian menggunakan teknik tes. Data penelitian berupa skor kemampuan representasi matematis yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian. Berdasarkan uji proporsi dan uji dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil bahwa uji proporsi siswa dengan pembelajaran TTW yang memiliki kemampuan representasi matematis dengan nilai minimum 70 tidak lebih dari 60%. Namun, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran TTW ii lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, think talk write PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -