?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+POGIL+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AKETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+PADA%0D%0AMATERI+KESETIMBANGAN+KIMIA&rft.creator=SUSANA%2C+1513023019&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+keefektivan+model+Process+Oriented+Guided+Inquiry+Learning+(POGIL)+untuk+meningkatkan+keterampilan+berpikir%0D%0Akritis+siswa+pada+materi+kesetimbangan+kimia.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+MIPA+di+SMA+Negeri+5+Bandar+Lampung+semester%0D%0Aganjil+tahun+2018%2F2019%2C+sedangkan+sampel+penelitian+ini+dipilih+dengan+teknik%0D%0Apurposive+sampling+yaitu+kelas+XI+MIPA+5+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+XI%0D%0AMIPA+6+sebagai+kelas+kontrol.+Metode+dalam+penelitian+ini+yaitu+kuasi+eksperimen+dengan+desain+penelitian+Pretest+Posttest+Control+Group+Design.+Pada+kelas%0D%0Aeksperimen+menggunakan+pembelajaran+dengan+model+POGIL+dan+pada+kelas%0D%0Akontrol+menggunakan+pembelajaran+konvensional+dengan+metode+ceramah+serta%0D%0Apraktikum.%0D%0Aiii%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+perbedaan+rata-rata+skor+n-Gain+yang+signifikan+antara+kelas+eksperimen+dengan+kelas+kontrol+setelah+diuji+menggunakan+uji+perbedaan+dua+rata-rata.+Hasil+tersebut+ditunjang+dengan+rata-rata+persentase+aktivitas%0D%0Asiswa+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+yang+menunjukkan+bahwa+keterampilan+berpikir+kritis+siswa+di+kelas+eksperimen+lebih+terlatih%2C+serta+model+POGIL+yang+dilakukan+oleh+guru+di+kelas+eksperimen+telah+terlaksana+dengan+kriteria+sangat+tinggi.+Berdasarkan+hasil+tersebut+dapat+disimpulkan+bahwa+pembelajaran+dengan+model+POGIL+efektif+untuk+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+kesetimbangan+kimia.%0D%0AKata+kunci%3A+Efektivitas+model+POGIL%2C+kesetimbangan+kimia%2C+keterampilan%0D%0Aberpikir+kritis&rft.publisher=FAKULTAS+ILMU+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59115%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59115%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59115%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++SUSANA%2C+1513023019++(2019)+EFEKTIVITAS+MODEL+POGIL+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+PADA+MATERI+KESETIMBANGAN+KIMIA.++FAKULTAS+ILMU+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59115%2F