%A 1513023019 SUSANA %T EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Bandar Lampung semester ganjil tahun 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model POGIL dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah serta praktikum. iii Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata skor n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah diuji menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil tersebut ditunjang dengan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih terlatih, serta model POGIL yang dilakukan oleh guru di kelas eksperimen telah terlaksana dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: Efektivitas model POGIL, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir kritis %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59115