%0 Generic %A AQMARANI ADZANI FITRIANA, 1513023014 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59118 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS %U http://digilib.unila.ac.id/59118/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain kemampuan pemecahan masalah kelas eks- perimen sebesar 0,710 berkriteria tinggi dan di kelas kontrol yaitu 0,469 berkriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, iii disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: pembelajaran POGIL, kemampuan pemecahan masalah, garam menghidrolisis.