title: PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA creator: FERIYANDA PUTRATAMA, 1413023021 subject: 370 Pendidikan subject: 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Pengaruh pembelajaran dibuktikan dengan besarnya nilai n-Gain, serta didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode eksperimen meningkat, yang juga sesuai dengan perhitungan yang menunjukan bahwa nilai n-Gain kelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol Hasil perhitungan juga menunjukan bahwa hasil uji pengaruh kelas eksperimen sebesar 0,92 yang termasuk dalam kategori “besar”. Berdasarkan hasil iii tersebut, metode eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Kata kunci: metode eksperimen, kemampuan berpikir kritis, penguasaan konsep, termokimia. publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59130/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59130/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59130/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FERIYANDA PUTRATAMA, 1413023021 (2019) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59130/