TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59159 UR - http://digilib.unila.ac.id/59159/ A1 - DEVI ANDRIANI, 1413024023 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Problem Based Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 4 yang berjumlah 54 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh menggunakan angket dan data hasil belajar menggunakan nilai pretest dan posttest. Angket keterampilan metakognisi dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample T-test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi baik tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,64 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan metakognisi, Perubahan Lingkungan, Problem Based Learning (PBL) PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -