@misc{eprints59162, title = {EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT}, author = {1513023001 ELDA RANI SAFITRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59162/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Bandarlampung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit, model POGIL.} }