@misc{eprints59172, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020)}, author = {1413021031 HANANI MUNA ATHIFA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59172/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 252 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 56 siswa yang didistribusikan dalam dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, pengaruh, representasi matematis } }