%0 Generic %A AJENG GIOVANI ANGGASTA, 1413024002 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59178 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 4 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/59178/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model inquiry based learning dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Sampel dalam penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas VII SMPN 4 Bandar Lampung. Pengambilan sampel mengggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretest-postest, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest non equivalent. Hasil penelitian menunjukan persentase rata-rata aktivitas belajar pada kelas eksperimen 80,02 dengan kriteria tinggi, sedangakan kelas kontrol diperoleh 54,16 dengan kriteria rendah. Uji t-test menunjukan beda signifikan. Dapat disimpulkan bahwa model inquiry based learning terbukti berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: aktivitas belajar peserta didik, kemampuan berpikir kritis, model inquiry based learning, pencemaran lingkungan