title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS creator: ELIS, 1513023037 subject: 370 Pendidikan subject: 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi garam menghidrolisis. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan dua ratarata yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata diperoleh n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang diterapkan model pembelajaran POGIL lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi iii siswa dengan model pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci : pembelajaran POGIL, keterampilan berpikir tingkat tinggi, garam menghidrolisis. publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59182/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59182/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59182/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ELIS, 1513023037 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59182/