%A 1413023025 I WAYAN AGUSTIKA %T PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi temokimia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretestpostest control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan metode eksperimen dan kelas kontrol tanpa metode eksperimen. Data penguasaan konsep siswa dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung berkategori ?tinggi? dan Penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain dan uji pengaruh yang diperoleh berkategori ?besar? yaitu 0,76 dan kelas kontrol berkategori ?sedang? iii yaitu 0,57. Metode eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dengan besar persentase 79,97% pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Kata kunci: aktivitas belajar, penguasaan konsep siswa, termokimia, metode eksperimen %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59190