@misc{eprints5921, month = {Nopember}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL SD NEGERI 1 MARGOSARI KECAMATAN PAGELARAN UTARA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1013119181 Sri Gestiati}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5921/}, abstract = {ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL SD NEGERI 1 MARGOSARI KECAMATAN PAGELARAN UTARA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Sri Gestiati Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Margosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Inquiry siswa kelas V SD Negeri 1 Margosari. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, non tes dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus I 62,96\% (cukup aktif), mengalami peningkatan sebesar 17,19 pada siklus II menjadi 80,15\% (sangat aktif). Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I siswa yang tuntas 68,75\% (sedang). Mengalami peningkatan sebesar 25\% pada siklus II menjadi 96,15\% (tinggi). Rata-rata nilai pada siklus I 68,12 meningkat menjadi 77,18 pada siklus II. Kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Margosari Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Inquiry, aktivitas belajar, hasil belajar, IPA} }