%0 Generic %A Devi Ratna Yanti, 1513053180 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59219 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH AKTIVITAS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/59219/ %X Masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman aktivitas literasi yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas literasi terhadap hasil belajar kelas V. Metode yang digunakan penelitian adalah pre-experimental design dengan tipe one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas V sebanyak 29 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas V sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan n-gain. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan peningkatan dalam penerapan aktivitas literasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Kata kunci: aktivitas literasi, hasil belajar The problem of this research is the lack of understanding of literacy activities resulting in the low learning outcomes of class V. The research aims to determine the impact of literacy activities on V-grade learning outcomes. Used research is pre-experimental design with type one group pre-test and post-test. The study population of all students of the V-class is 29 learners. The research sample is class V as an experimental class of 29 learners. The retrieval technique uses non probability sampling. Data collection techniques using tests and non-tests. Data analysis uses simple linear regression and N-Gain. Based on data analysis, there is a conclusion that there is an influence and increase in the implementation of literacy activities on the outcome of student learning outcomes of class V. Keywords: literacy activities, learning outcomes