%0 Generic %A Putri Mei Maharani, 1413043035 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59248 %I FAKULTAS PENDIDIKAN DAN ILMU PENGETAHUAN %T PENERAPAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 4 METRO %U http://digilib.unila.ac.id/59248/ %X Suggestopedia berasal dari kata suggestology, yaitu ilmu tentang pengaruh- pengaruh nonrational dan/ atau nonconscious pada manusia. Lozanov percaya bahwa otak manusia mampu memproses sejumlah banyak materi apabila diberikan kondisi yang tepat untuk belajar, di antaranya relaksasi dan pemberian kontrol dan otoritas pada guru. Penerapan metode suggestopedia dalam pembelajaran tari dilakukan dengan merileksasikan siswa sehingga siswa menjadi siap untuk belajar. Metode suggestopedia juga bertujuan untuk membebaskan pikiran siswa dari asumsi negatif siswa terhadap sulitnya belajar. Penerapan metode suggestopedia di SMP Negeri 4 Metro dilakukan untuk melihat hasil belajar siswa dengan teori suggestology. Penelitian berjenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan mengamati secara langsung proses dan hasil pembelajaran tari bedana lunik dengan penerapan metode suggestopedia. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian dan verifikasi. Hasil penerapan metode suggestopedia diukur dengan lembar hasil penerapan metode suggestopedia yang terorientasi pada situasi belajar dan hafalan gerak siswa. Hasilnya menunjukkan penerapan metode suggestopedia dikatakan baik untuk situasi belajar dan hafalan gerak siswa. Kata kunci : Kondisi belajar, Suggestopedia, Tari bedana lunik