TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59252 UR - http://digilib.unila.ac.id/59252/ A1 - ERVINA DWICAHYANI, 1514131015 Y1 - 2019/// N2 - This study aims to determine the performance of PT ABC based on the Balanced Scorecard in Mesuji Regency. The research method used in this study is a case study. The study was conducted using data from the 2015-2017 period at PT ABC to analyze financial perspectives, while for other perspectives it was done through the calculation of the results of interviews using a questionnaire. The population in this study are PT ABC customers and employees. While the samples are five companies for customer respondents, and 60 people for employee respondents. Data collection research was conducted in January 2019. The result of the research shows that the overall performance of PT ABC is in a fairly good category. In a financial perspective, variables of return on investment and total assets turnover have shown good performance. For the customer perspective, it shows good performance by looking at variables of customer satisfaction and customer retention. In the perspective of internal business processes, it shows that conditions are still worse as the operating profit margin has decreased and the index "K" obtained exceeds the tolerance threshold. For the perspective of learning and growth, it shows a fairly good condition by looking at employee satisfaction scores and employee retention. Key words: balanced scorecard, financial, performance Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT ABC berbasis Balanced Scorecard di Kabupaten Mesuji. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data periode tahun 2015-2017 pada PT ABC untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lainnya dilakukan melalui perhitungan hasil wawancara menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dan karyawan PT ABC, sedangkan sampel yang diambil masing?masing adalah 5 perusahaan untuk responden pelanggan, dan 60 orang untuk responden karyawan. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT ABC secara keseluruhan berada pada kategori cukup baik. Pada perspektif keuangan dengan variabel return on investment dan total assets turnover sudah menunjukkan kinerja yang baik. Untuk perspektif pelanggan, menunjukkan kinerja yang cukup baik dengan melihat variabel dari kepuasan pelanggan serta retensi pelanggan. Pada perspektif proses bisnis internal, menunjukkan kondisi yang masih buruk karena margin laba operasional mengalami penurunan dan indeks ?K? yang diperoleh melebihi ambang batas toleransi. Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukan kondisi yang cukup baik dengan melihat skor kepuasan karyawan dan retensi karyawan. Kata Kunci : balanced scorecard, keuangan, kinerja PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - ANALISIS KINERJA AGROINDUSTRI KELAPA SAWIT PT ABC DI KABUPATEN MESUJI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD AV - restricted ER -