@misc{eprints59301, title = {HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS TINGGI SD NEGERI 1 REJOAGUNG}, author = {1413053052 HELENA DONA LARASATI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59301/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas tinggi SD Negeri 1 Rejoagung pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang signifikan dan positif minat belajar dan persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar matematika kelas tinggi SD Negeri 1 Rejoagung. Penelitian ini menggunakan metode ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 91 peserta didik dijadikan sampel penelitian 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, bahwa ada hubungan yang signifikan dan positif minat belajar dan persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar di sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika kelas tinggi SD Negeri 1 Rejoagung, dengan koefisien kolerasi sebesar 0,638 dengan kontribusi variabel sebesar 40,70\% berada pada taraf ?tinggi?. Kata kunci: hasil belajar, lingkungan belajar, minat belajar. The problem in thwas study was the low learning outcomes of high class students of SD Negeri 1 Rejoagung in mathematics learning. The purpose of was study to analyze and determine the relationship that was significant and positive learning interest and students' perceptions of the learning environment in schools with the mathematics learning outcomes of high-class students of SD Negeri 1 Rejoagung. Thwas study uses the ex-postfacto correlation method. The population was 91 students was used as research samples was 48 students. Data collection techniques were carried out by observation techniques, questionnaires and documentation. Data analys was used was product moment correlation and multiple correlation. The results of the study, that there was a significant and positive relationship between learning interest and students' perceptions of the learning environment in the school together with the mathematics learning outcomes of students, with a correlation coefficient of 0.638 with a variable contribution of 40.70\% at the "high" level. Keywords: interest in learning, learning environment, learning outcomes.} }