@misc{eprints59307, title = {EFEKTIVITAS MODEL PLGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS}, author = {1513023058 FIRNA HERNITA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59307/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi garam menghidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan Pretest Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PLGI dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik non parametik, yaitu uji Mann- Withney U. Efektivitas model PLGI untuk meningkatkan KPS ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata n-gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,65 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,56 sehingga keduanya dikategorikan sedang. Hasil penelitian menunjuk kan bahwa rata-rata n-gain KPS kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan dilihat dari nilai Asymp. Sig (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0,05 yaitu sebesar 0,01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model PLGI efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: Garam menghidrolisis, keterampilan proses sains, model PLGI. } }