@misc{eprints59308, title = {PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA}, author = {1513022026 NOVIA ANGGRAINI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59308/}, abstract = {Penerapan blended learning dapat dijadikan sebagai salah satu cara menyiasati pendidikan abad 21 yang dapat dijadikan sebagai suatu inovasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan blended learning antara tatap muka dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran online berbantuan WhatsApp pada materi Hukum Newton tentang Gerak terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kotaagung pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian eksperimen ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk the non-equivalent control group design. Hasil analisis data N-gain menunjukkan bahwa penerapan blended learning pada materi Hukum Newton tentang Gerak berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada taraf signifikan 0,000. Hasil penelitian juga Novia Anggraini iii menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan blended learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai signifikansi 0,991. Kata kunci: blended learning, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah} }