TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59335 UR - http://digilib.unila.ac.id/59335/ A1 - TUNGGARI HENING R., 1213023074 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa berbasis model discovery learning pada materi larutan penyangga yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Tahap pelaksanaan penelitian ini hanya sampai uji coba lapangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kalianda. Instumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, instrumen validasi ahli, angket, dan lembar obsevasi. Berdasarkan hasil penilaian validator terhadap LKS hasil pengembangan pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruk dan aspek keterbacaan berkategori sangat tinggi dan dinyatakan valid. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dan aspek konstruk berkategori sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan berkategori sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan adalah positif; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan LKS pada pembelajaran berkategori sangat tinggi. LKS hasil pengembangan dinyatakan praktis. iii Kata kunci : lembar kerja siswa, discovery learning, larutan penyangga PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted ER -