@misc{eprints59338, title = {EFEKTIVITAS MODEL PLGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS}, author = {1513023011 RATU ANGGITA OKTAVIANA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59338/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk me- ningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi garam meng- hidrolisis. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah quasi experiment dengan pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel penelitian kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik, yaitu uji Mann-Withney U. Pada penelitian ini diperoleh rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,67 lebih besar daripada rata-rata n-gain kelas kontrol sebesar 0,49 yang keduanya termasuk dalam kategori sedang, setelah diuji statistik menggunakan SPSS 22 didapatkan Ratu Anggita Oktaviana iii perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa model PLGI efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci : garam menghidrolisis, keterampilan berpikir tingkat tinggi, model PLGI.} }