%A 1513041004 Linda Ocviliana %T PENGEMBANGAN MEDIA GAME CARD PADA PEMBELAJARAN NOVEL DI SMA KELAS XII %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran game card untuk pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan novel di SMA kelas XII. Peneliti memilih membuat game card tanya jawab karena memungkinkan untuk membuat media pembelajaran yang terdiri dari soal pertanyaaan yang disertai gambar sehingga media yang dikembangkan mampu merangsang kemampuan siswa dalam memahami materi isi dan kebahasaan novel. Pengembangan game card dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut, yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft; (4) tahap validasi ahli; dan (5) revisi. Hasil penelitian dan pengembangan adalah media pembelajaran dalam bentuk game card tanya jawab sesuai dengan hasil validasi yang dinyatakan layak. Validitas ahli materi terhadap aspek pembelajaran dan aspek isi diperoleh skor Linda Ocviliana rata-rata 3,72 dan rerata presentase 93,11% dengan kategori sangat layak. Validitas ahli media terhadap aspek tampilan dan pengoperasian diperoleh skor rata-rata 3,83 dan rerata presentase 95,83% dengan kategori sangat layak. Kemudian dari hasil validasi ahli materi dan ahli media dilakukan tahap revisi untuk menciptakan alat bantu yang dinyatakan telah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, game card, dan novel %D 2019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1513041004 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints59343