%A 1513053048 IRSYAD WAHYU IRAWAN %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TEHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD %X Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpuulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik pada media pembelajaran monopoli. Data analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo. Kata kunci : hasil belajar, media pembelajaran monopoli, pembelajaran tematik. The problem of the research is the of the learners' learning outcomes in the thematic learning is still low. This study aims to determine the effect of using of monopoly learning media towards the result participant of education on thematic learning. The method used in this research is quasi experiment with nonequivalent control group design. This research uses purposive sampling. Data collection techniques in this study used tests and observation sheets of student activities on monopoly learning media. Data analysis using simple linear regression. The results of data analysis concluded that there was an effect of the use of monopoly learning media on learners' learning outcomes on thematic learning of the fifth grade at the SD Negeri 2 Tambahrejo. Keywords: learning outcomes, learning thematic, monopoly learning media. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59344